- Pengelolaan Media Sosial Java Promo 2023
- Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta
- Maret 2023 s.d Februari 2024
- Keg.3.22-02/PK/JP/PI.PII/02-'23
- Java Promo
- Aji Sukma dan Hastika Shafira
Deskripsi proyek
Adanya internet dan digitalisasi telah membawa banyak dampak positif bagi manusia. Digitalisasi pada sektor pariwisata juga mampu memberikan banyak manfaat ke banyak industri. Dari sisi penyedia jasa, kehadiran internet memberikan sumbangsih yang luar biasa terhadap penghematan biaya operasional dan penggunaan waktu.
Berpromosi secara online tidaklah mematikan pemasaran secara konvensional, tetapi justru saling menguatkan. Meski promosi secara langsung (word of mouth) masih dianggap paling ampuh dan berhasil, tentu kita semua sepakat bahwa setiap pengelola destinasi wisata perlu menambah platform pemasaran agar lebih optimal.
Beberapa platform sosial media yang efektif digunakan dalam berpromosi dan memiliki pengguna cukup banyak di antaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan yang sedang berkembang yaitu TikTok. Untuk itu, pengelola destinasi wisata perlu beradaptasi dan membuat inovasi konten pemasaran dengan menggabungkan platform media sosial yang telah disebutkan di atas.
Tujuan
- Aktivasi dan pengoptimalan akun media sosial (khususnya Instagram) Java Promo.
- Menjadikan akun media sosial Java Promo sebagai sumber database potensi wisata yang tersebar di 3 kabupaten dan 1 kota, yakni Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta.
- Membuat konten yang informatif dan menarik sehingga mampu meningkatkan eksistensi Java Promo sebagai wadah kolaborasi bersama dalam aktivitas pemasaran ataupun promosi.
Bentuk hasil kolaborasi lainnya
Kami percaya, penceritaan menjadi kekuatan destinasi wisata. Dapatkan cerita menarik lainnya dari perjalanan kami melakukan kolaborasi.